Antisipasi Kecelakaan, Kelaikan Bus Pariwisata Diperiksa

Satlantas Polres Banjarnegara bersama petugas Dinas Perhubungan memeriksa kelaikan bus pariwisata yang berada di Banjarnegara, Selasa (25/4).

“Pemeriksaan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi supaya di wilayah Banjarnegara tidak terjadi kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata. Ini juga sebagai respons kami atas peristiwa kecelakaan bus pariwisata di jalur puncak Bogor beberapa waktu lalu,” ujar Kapolres Banjarnegara, AKBP Saiful Anwar, melalui Kasat Lantas, AKP Ben Aras.

Ditambahkan, bus pariwisata dicek kondisi roda atau ban apakah masih layak pakai atau tidak. Kemudian fungsi lampu sein, lampu rem, lampu utama, klakson, fungsi rem dan kelengkapan kendaraan lainnya. Selain itu juga diperiksa dokumennya seperti buku uji kendaraan, STNK dan juga SIM pengemudinya.

Dari hasil pemeriksaan bersama itu, secara umum kondisi kendaraan bagus dan laik jalan. Namun ada satu kendaraan yang kaca depan sisi kiri retak. Meski keretakan terhitung masih sedikit, namun itu menjadi catatan supaya pemilik bus pariwisata tersebut mengganti kaca depan demi keselamatan awak bus dan penumpang dalam perjalanan.

AKP Ben Aras menambahkan, jalur menuju lokasi wisata yang terbilang ekstrem, yakni menuju Dataran Tinggi Dieng. Namun bus pariwisata lebih memilih melalui jalur Wonosobo ketimbang melalui jalur Banjarnegara-Karangkobar-Batur-Dieng.

“Jalur dari Banjarnegara banyak tikungan, tanjakan, dan jalannya sempit, sehingga bus pariwisata yang ke Dieng memilih jalur Wonosobo,” ujarnya.

author
No Response

Leave a reply "Antisipasi Kecelakaan, Kelaikan Bus Pariwisata Diperiksa"